Top Ad unit 728 × 90

Latest

recent

Apa kabar imanmu hari ini ?

Apakabar Imanmu Hari ini?

Pada suatu hari, ada 3 orang langit sedang berkumpul. Yakni Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib dan Hudzaifah. Lalu setelah itu Umar bertanya kepada Hudzaifah "Bagaiman keadaan imanmu pagi ini wahai Hudzaifah ?" Hudzaifahpun menjawab "Wahai Amirul Mukminin, pagi ini aku tidak menyukai sesuatu yang haq, aku menyukai yang fitnah, aku shalat tanpa wudhu dan aku memiliki yang Allah Subhanahu Wata'ala tidak milik.".

Mendengar jawab seperti itu Umar jelas marah kepada Hudzaifah, namun beruntung Ali menimpali hal tersebut dengan pertanyaan "Mengapa engkau marah wahai Amirul Mukminin, tentu aku akan menjawab hal yang sama bila ditanyai itu.".

"Adalah benar yang dikatakan Hudzaifah tentang imanya pagi ini." Lanjut Ali menjelaskan. Sementara itu Hudzaifah hanya tersenyum kepada Ali. "Adapun kecintaanya kepada fitnah adalah pada anak-anak dan hartanya sebagaimana firman Allah :"Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah fitnah cobaan." (QS. At-Taghabun:15) "Adapun kebencianya kepada haq adalah kepada kematian, karena kematian adalah suatu hal yang pasti terjadi, dan aku membenci hal tersebut. Lalu shalat tanpa wudhu adalah kondisi aku bershalawat kepada Allah, jadi tidak memerlukan wudhu. Dan aku memiliki yang Allah tidak miliki adalah anak dan istri, bukankah Allah tidak memiliki keduanya ?"

Subhanallah, sungguh luar biasa, mereka adalah orang-orang langit generasi emas zaman dahulu, dan sebaik-sebaik zaman. Perkataanya adalah doa, diamnya adalah dzikir bahkan saat bersenda gurau/cadaanya pun mengandung pesan moral yang sangat dalam.

Apa kabar imanmu hari ini ? adalah sebuah pertanyaan yang menunjukan iman seseorang itu sendiri, karena biasanya kita hanya bertanya sebuah pertanyaan basa-basi kepada orang lain. "Apa kabar ?" "Mau kemana ?" tapi orang-orang besar beriman tidak menggunakan pertanyaan itu saat bertemu, melainkan "Apa kabar imanmu hari ini ?" karena iman yang menjaga kita setiap saat, imanlah yang membuat kita mulia dimata Allah, iman yang membuat hati kita selalu berdzikir kepadaNya.

Bila kita melihat budaya barat yang katanya bagus dengan membiasakan bertanya "Sudah baca buku apa hari ini ?" atau pertanyaan lain yang dikira bisa membangkitkan semangat kita dalam menjalani hidup dan bermanfaat. Tapi kita harus lebih menggunakan pertanyaan yang lebih mendalam, yang menyangkut hidup kita di dunia maupun di akhirat dan tentunya menyangkut seluk-beluk hidup kita di dunia yaitu "Apa kabar imanmu hari ini ?.

Sebaiknya dalam menjalani hari kita mengawali dengan bercermin kepada diri kita, apakah iman kita sudah benar ? apakah iman kita sedang compang-camping? apakah iman kita sedang naik atau turun ? karena dengan baiknya iman didiri kita maka dengan mudahlah perkerjaan-pekerjaan dan ilmu-ilmu yang kita pelajari saat kita jalani. Maka saya sebagai penulis ingin menanyakan "Apa kabar imanmu hari ini ?".
Apa kabar imanmu hari ini ? Reviewed by Unknown on 05.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by AnNafii © 2017

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.